A. PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS.

  • Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

B. UNSUR-UNSUR DALAM PENYEDIAAN WEBSITE ATAU SITUS. Untuk menyediakan sebuah website, maka kita harus menyeediakan unsur-unsur penunjangnya, seperti halnya:

  1. Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)

Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.nama situs .com Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :

  • .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
  • .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
  • .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
  • .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
  • .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
  • .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
  • .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
  • .web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

Ditulis oleh Dian Purwanti

BlogBlog adalah sebuah web, biasanya dimiliki perseorangan, berisi catatan personal yang bisa diakses secara online. Sejarah blog bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/blog. Dalam perkembangannya, blog menjadi sebuah gerakan citizen journalism dan lebih dari sekedar catatan harian pribadi belaka. Banyak toko online yang dikembangkan menggunakan blog.

Ada banyak pendapat dari beberapa orang tentang perbedaan antara blog dan website, walaupun pendapat orang satu sama lain berbeda tapi semua pendapat benar dan tidak ada yang salah. Saya juga mempunyai pendapat sendiri mengenai perbedaan antara blog dan website.

Menurut saya sebenarnya blog itu juga bisa disebut website. Kedua-duanya memiliki alamat yaitu : URL. Beberapa hal yang membedakan antara blog dan website: istilah blog diambil dari Weblog yang intinya berarti online diary atau journal. Catatan diary dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula dengan artikel dalam blog. Meskipun bergaya jurnalistik dan diary, blog sekarang ini tidak hanya berisi tentang kehidupan pribadi si pembuatnya.

Website bersifat terlalu teknik walaupun menggunakan content management system (cms) yang pintar, untuk membuat sebuah website berada diluar jangkauan kemampuan rata-rata pengguna internet tapi tetap membuat masalah dalam menambahkan isi setiap harinya. Berbedaan lagi jika dibandingkan dengan website dan blog adalah fungsi komentar. Setiap artikel yang dibuat pada blog mempunyai kotak yang membuat siapapun bisa membuat komentar pada artikel tersebut. Ini yang mengubah website dari sarana satu arah menjadi sarana komunikasi dua arah. Pembaca bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik atau penulis, membuat perkacapan yang dimulai oleh artikel dan pada intinya mengubah blog menjadi sebuah komunitas.